Pertanyaan Yang Keluar Saat Sidang Skripsi & Jawabannya

By Saymoon San - September 19, 2019

Yoo welcome back reader
Skripsi, ya skripsi 1 mata kuliah yang menjadi momok para mahasiswa semester tua dari mahasiswa yang pintar hingga yang berandal haha. Nyatanya skripsi mampu membuat mahasiswa bandel tobat, entah dia yang gapernah sholat dimasjid tiba-tiba sholat, entah dia yang gapernah ke perpustakaan eh pas skripsi dia rajin banget ke perpustakaan haha.




itu real ya, karena saya sendiri juga termasuk mahasiswa yang nakal dan ya bisa dibilang tidak pintar. Tapi keberuntungan saya jangan ditanyakan lagi hehe.

Banyak mahasiswa pada saat skripsi atau menjelang sidang skripsi akan gugup mengenai apa sih yang bakal ditanyakan dari penguji untuk kita (mahasiswa). Terus kalo gabisa gimana ya? aduh. Tenang bro/sist di artikel ini kalian bisa mendapat gambaran pertanyaan apa yang akan di berikan oleh dosen penguji kalian.

Okay langsung skuy luurrdeeee.

  • Mengapa kamu mengambil judul ini?
Ini sih untuk kelas ecek-ecek ya, tapi nyatanya ada juga kok malah sering dosen memberi pertanyaan seperti ini. jawabannya gampang banget kan? hehe

  • Apakah ini data real dari perusahaan/objek? 
Nah, ini untuk skripsi metode kualitatif ya karena kalian dituntut untuk turun langsung ke lapangan, untuk mengambil data-data yang akan kalian jadikan acuan, kalian harus menjawab bahwa ini data real ya gengs, karena jika tidak. dosen penguji pasti akan menghentikan sidang kalian. Meskipun data yang kalian peroleh itu hasil karangan kalian sendiri wkwk

  • Apa benar kondisi perusahaan seperti yang anda jelaskan?
Memang pertanyaan dosen penguji seperti muter-muter gengs, sengaja agar mahasiswa menjadi bingung dan kalian juga harus bisa stick to the your'e plan.

  • Judul anda mendapat refrensi dari mana?
Untuk yang satu ini cukup jawab saja dari Google, jangan menjawab dari kaka tingkat kalian di perpus. Mungkin bisa menjawab dari kakak tingkat, tapi yang harus menjadi perbedaan harus mencolok seperti metodenya atau bahkan penelitiannya, seperti kakak tingkat kalian menbahas KAOS, kalian harus membahas TOPI. beda kan?

Nah, di atas tadi cuma beberapa saja yang sering di pertanyakan. Karena pertanyaan yang diberikan oleh dosen tidak selalu sama, dan bahkan ada dosen penguji yang bertanya diluar pembahasan anda, seperti misalnya kalian hanya membahas metode FIFO dan Average saja pada persediaan, bisa saja dosen penguji memberikan pertanyaan di luar itu seperti bertanya ekuitas, metode persediaan yang lain dll. Jadi jangan sampai kalian HA HE HO HE ketika di tanya agar nilai kalian tidak jeblok. dan yang pasti KERJAKAN SKRIPSI KALIAN SENDIRI !

Jika sampai kalian beli dan tidak bisa mengetahui alur / proses dan tidak mengetahui bagaimana cara menjelaskan data kalian, celaka lah kalian. Bisa jadi kalian wisuda tahun berikutnya HUEHEHEHE !


-SEMOGA MEMBANTU-

  • Share:

You Might Also Like

0 comments